Inventa

Bisnis atau Perusahaan Swasta

pengelolaan aset perusahaan

Setiap aset, baik Aset Lancar maupun Aset Tetap, memiliki peran penting dalam operasional usaha. Di tengah kesibukannya berbisnis, pengusaha sering kali lebih menitikberatkan perhatian pada aset lancar, “Cashflow is the king” katanya. Hal ini tidak salah, tetapi menempatkan Aset Tetap sebagai last priority juga tidak benar.

Sama halnya Aset Lancar; Aset Tetap juga memiliki peran yang tak kalah pentingnya. Bahkan, jika dilihat di Neraca, Aset Tetap biasanya menguasai lebih dari separuh harta. Bahkan, dalam perusahaan besar, Aset Tetap bisa menguasai lebih dari 90% angka di aktiva.

Yang menjadi masalah, apakah angka yang tertulis pada Balance Sheet tersebut benar-benar nyata? Apakah barang-barang tersebut masih ada? Aset tersebut ada di mana? Lantas, kalau pun masih ada, siapa penanggungjawabnya?

Forgetfulness terms yang biasanya terjadi saat perusahaan berkembang kadang juga bisa jadi masalah. Mesin dan peralatan baru bisa membuat Anda lupa jika peralatan lama masih berharga. Kantor baru bisa membuat bangunan lama terlupa. Pengadaan mobil baru pun bisa membuat mobil lama teronggok di garasi pabrik hingga akhirnya dimanfaatkan oleh orang-orang dengan tidak semestinya.

Kami percaya bahwa accounting staff Anda pasti memiliki daftar semua aset, bahkan mungkin sudah memberi kode atau nomor pada setiap asetnya. Sebab, dari daftar itulah dia bisa menghitung depresiasi lalu melaporkannya kepada Anda sebagai bagian dari Loss-Profit Report. Tetapi, kesibukannya dalam mencatat dan merekapitulasi ratusan transaksi keuangan setiap hari pasti membuatnya lupa melakukan pengawasan aset. Barang-barang operasional yang berjumlah ratusan bahkan ribuan bisa tercecer entah di mana.

Lebih parah lagi, sebagai pengusaha, biasanya Anda hanya cukup tersenyum puas saat keuntungan meningkat dan nilai aset bertambah, tanpa sadar jika aset tersebut sebenarnya sudah mulai lenyap satu per satu.

Sebagai pemilik bisnis, sudah saatnya Anda menggunakan Inventa. Sebuah aplikasi manajemen aset yang membuat leader hebat seperti Anda bisa lebih aware mengenai pengawasan harta perusahaan. Apa keuntungannya?

1. Penghematan Biaya
Dengan menggunakan aplikasi Inventa, perusahaan dapat memantau asetnya dengan lebih baik, termasuk peralatan, mesin, dan kendaraan. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi aset yang tidak diperlukan atau kurang digunakan secara efektif, sehingga dapat menghemat biaya perusahaan.

2. Memaksimalkan Penggunaan Aset
Aplikasi manajemen aset memungkinkan perusahaan untuk memantau penggunaan aset secara real-time dan memastikan bahwa aset tersebut digunakan secara efektif dan efisien. Dengan demikian, perusahaan dapat memaksimalkan penggunaan aset yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.

3. Meningkatkan Perawatan Aset
Inventa memungkinkan perusahaan untuk memantau kondisi aset secara real-time dan mengatur jadwal perawatan yang tepat waktu. Dengan demikian, perusahaan dapat memperpanjang umur pakai aset dan mengurangi biaya perawatan jangka panjang.

4. Meningkatkan Keamanan Aset
Aplikasi manajemen aset dapat membantu perusahaan untuk memantau keamanan aset dan mencegah pencurian atau kerusakan aset. Dengan demikian, perusahaan dapat mengurangi risiko kerugian akibat pencurian atau kerusakan aset.

5. Mempermudah Audit Aset
Inventa memungkinkan perusahaan untuk melacak dan memantau pergerakan aset dengan lebih baik, sehingga dapat mempermudah proses audit aset oleh pihak internal atau eksternal apalagi saat Anda harus berurusan dengan petugas pajak.

6. Meningkatkan Transparansi
Aplikasi manajemen aset dapat meningkatkan transparansi dalam pengelolaan aset perusahaan. Hal ini dapat membantu perusahaan untuk memperkuat reputasi dan memenuhi persyaratan regulasi.

Inventa bisa menjadi solusi bagi pembukuan dan pengelolaan aset perusahaan. Inventa dilengkapi fitur-fitur yang pasti disukai staf operasional Anda, yaitu QR-Code, Riwayat Aset, hingga menghitung penyusutan secara otomatis. Data-data aset di Inventa juga bisa Anda pantau kapan pun dan dari mana pun. Hal ini karena Inventa berbasis cloud, sehingga bisa langsung diakses lewat peramban di laptop atau smartphone.

Aplikasi Inventa juga menampilkan grafik yang membandingkan nilai perolehan dan nilai pasca depresiasi, sehingga pemilik usaha bisa mengetahui perjalanan nilai aset dari bulan ke bulan bahkan dari tahun ke tahun.

Memang, jika jumlah aset terlalu banyak, Anda perlu menyediakan staf khusus untuk melakukan pengawasan plus mengoperasikan Inventa. Hal ini tentu menambah beban usaha, tetapi biaya yang dikeluarkan tentu jauh lebih sedikit jika dibanding kerugian akibat hilangnya aset.

Biaya penggunaan Inventa pun tidak perlu Anda khawatirkan, karena setiap biaya pengembangan atau penggunaan aplikasi akan dianggap sebagai “pembelian” yang masuk dalam lajur harta di Neraca, posisinya sama dengan aktiva tetap yang lain, bukan HPP dan bukan pula beban operasional yang langsung mempengaruhi angka Laporan Laba Rugi.

Aplikasi manajemen aset ini bisa membuat pengelolaan inventaris perusahaan lebih efektif dan efisien. Inventa berguna untuk mendata aset, mengawasi perpindahan, penanggungjawab, dan pergerakannya; serta menghitung penyusutan dan mengurangi risiko hilangnya aset. Gunakan sekarang!

Bagikan halaman ini:
Mendaftar dan langsung pakai Inventa, sekarang!    Gunakan »